Senin, 05 November 2012

Pidato Menuntut Ilmu


Assalamu'alaiku wr. wb 

Yang terhormat.... 
Yang berbahagia.... 

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita masih dapat dipertemukan dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Habibana Muhammad SAW. Semoga kita menjadi umatnya yang senantiasa setia kepada ajaran dan sunahnya. Amin... 

Ibu/Bapak guru dan teman-teman semua, pada kesempatan yang berharga ini, perkenankanlah saya menyapaikan akn pentingnya menuntut ilmu. Ilmu adalah cahaya yang dikaruniakan oleh Allah SWT kepada manusia. Tidakah diragukan lagi kedudukan orang yang berilmu di sisi Allah SWT, karena hanya dengan ilmu, manusia dapat memahami kebesaran Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda:
Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju surga. Sesungguhnya malaikat akan membuka sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yag mereka lakukan. Dan sesungguhnya seseorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit mauun di bumi hingga ikan ali atas ahli ibadah seperti keutamaan orang alim atas ahli ibadah seperti keutamaan di bulan di atas seluruh bintang. Sesungguhnya keutamaan orang alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan di atas seluruh bintang. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar, tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanyalah ilmu. Dan barang siapa yang mengambil ilmu itu, maka sunguh, ia telah mendapatkan bagian yang palig banyak.
Selain itu, Rasulullah juga bersabda:
Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan, waktunya adalah dari buaian ib sampai masuk liang kubur.
Dari hadis tersebut, sangatlah tegas Rasulullah berpesan bahwa dalam islam menuntut ilmu itu hukumya adalah wajib, yang artinya, apabila dilaksanakan kita akan mendapatkan pahala, dan apabila diabakan atau tidak dilaksanakan tentu kita akan mendapakan dosa Selain itu, dengan ilmulah, kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sepertihalnya kita, sebagai siswa kita setiap harinya diberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat oleh Bapak Ibu guru di sekolah. Ilmu-ilmu inilah yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan di masa depan. Beitupula di akhirat nanti, dalam sabda Rasulullah SAW, terdapat perkara yag tidak akan putus amalnya, salah satunya ialah ilmu yang bermanfaat bag oang-orang sepeninggalannya. Sungguh besar kegunaan ilmu bermanfaat bagi seiap insan di dunia. 

Maka dari itu, marilah kita berlomba-lomba mrnuntut ilmu, hingga kita kembali kepada-Nya, kaena dengan ilmu, kita akan sukses di dunia dan akhirat. 

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kata-kata yang salah saya mohon maaf.

Wabillahittaufiq walhidayah 
Wassalamu'alaikum wr. wb.


adapted by: Pidato Kewajiban Menuntut Ilmu (untuk siswa/i)

0 comments: